page contents MENGENAL KEBUN RAYA BATURRADEN
Selamat Datang Selamat Menikmati dan Semoga Bermanfaat,Salam Hormat>

Sunday 28 February 2016

MENGENAL KEBUN RAYA BATURRADEN

Sejarah Kebun Raya Baturraden
Pembangunan Kebun Raya Baturraden berawal dari gagasan Ibu Megawati Soekarno Putri pada acara Penutupan Jambore Nasional Tahun 2001 di Baturraden.
  • Pada tahun 2002 gagasan tersebut ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan membentuk Tim Khusus untuk merintis pembangunan Kebun Raya Baturraden dan membuat studi kelayakan.
  •  Pada tahun 2004 dilakukan penanaman pertama oleh Gubernur Jawa Tengah, Bapak Mardianto, sekaligus sebagai peresmian Kebun Raya Baturraden.
  •  Pada tanggal 19/12/2015 Peresmian dilakukan oleh Ketua Kebun Raya Indonesia Megawati Soekarnoputri


Maksud dan Tujuan
Kebun Raya Baturraden merupakan lembaga konservasi exsitu yang secara aktif melakukan pengkoleksian tumbuhan dari habitat aslinya atau jenis tumbuhan tertentu untuk ditanam sebagai upaya konservasi. Selain tujuan konservasi, Kebun Raya Baturraden juga bertujuan sebagai tempat penelitian, pendidikan dan rekreasi

Konservasi Tumbuhan
Dalam upaya konservasi tumbuhan, Kebun Raya Baturraden telah mengkoleksi kurang lebih 403 jenis tumbuhan dari 338 famili. Sedang jumlah spesimen koleksi telah mencapai kurang lebih 1810 spesimen.

Koleksi tumbuhan tersebut berasal dari berbagai tempat baik dari pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa. Setiap tanaman koleksi diketahui asal-usulnya dengan jelas. Pengumpulan koleksi dilakukan melalui hasil eksplorasi, perbanyakan dan sumbangan. Koleksi tumbuhan yang berada di Kebun Raya Baturraden telah ditanam pada vak-vak yang disesuaikan dengan famili atau tema tertentu

Tempat Penelitian dan Pendidikan
Sebagai upaya penelitain dan pendidikan, Kebun Raya Baturraden melakukan kerjasma dengan kalangan akademis maupun pihak-pihak lain. Dengan adanya berbagai jenis tumbuhan yang berasal dari berbagai tempat dapat mendukung kegiatan penelitian dan pendidikan. Saat ini, Kebun Raya Baturraden telah dijadikan sebagai tempat praktik lapangan, pembelajaran, pelatihan dan penelitian bagi mahasiswa, siswa sekolah serta masyarakan lainnya.

Tempat Wisata
Kondisi alam Kebun Raya Baturraden banyak ditumbuhi dengan vegetasi hutan yang memberikan suasana sejuk dan nyaman. Dengan adanya pembangunan jalan setapak (Jalan Gicok) yang membatasi vak-vak koleksi dapat dijadikan alternatif wisata alam atau tracking.
Sambil berjalan/tracking dapat sekaligus menikmati keindahan dan keunikan tumbuhan koleksi Kebun Raya Baturraden seperti aneka anggrek, kantong semar, palem dan jenis yang lain. Selain itu Kebun Raya Baturraden juga ditunjang dengan tempat Wisata lainnya yaitu Wanawisata, Lokawisata Baturraden Pancuran Tujuh dan Lainnya.

Aksesibilitas
Kebun Raya Baturraden terletak kurang lebih 17 kilometer dari Kota Purwokerto dna sekitar 2 kilometer setelah pintu gerbang Wanawisata. Secara administrasi termasuk dalam Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden.
Untuk mencapai lokasi Kebun Raya Baturraden dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum, untuk yang menyukai olah raga hiking, dapat berjalan kaki sambil menikmati pemandangan alam yang indah dengan tegakan agathis yang tinggi menjulang


No comments: